Langsung ke konten utama

Pengertian Game Online dan Fokus Belajar


Nama    : Nelcha A. Parimba

2.1          Pengertian Game Online
                Sekarang ini, anak-anak, remaja, maupun orang dewasa lebih menyukai game online daripada permainan tradisional. Hal itu terjadi karena adanya perkembangan/perubahan zaman. Pengertian game online itu sendiri menurut Fauzia A. adalah salah satu bentuk hiburan yang dapat dijadikan sebagai penyegar pikiran dan kepenatan akibat dari padatnya aktivitas sehari-hari (http://www.mandalamaya.com/pengertian-game-menurut-para-ahli/).
 Sedangkan pengertian game online menurut Ariyana dan Arifianto, game online adalah salah satu kebutuhan sekaligus menjadi masalah besar bagi para pengguna komputer, hal tersebut dikarenakan untuk dapat menjalankan suatu game dengan nyaman, maka dibutuhkan spesifikasi komputer yang relatif tinggi dibandingkan komputer untuk penggunaan biasa (http://www.mandalamaya.com/pengertian-game-menurut-para-ahli/).
                Selain dua pengertian di atas, ada sebuah pengertian singkat dari http://wicethe.wordpress.com/pengertian-dan-tipe-tipe-game-online/ yaitu, game online adalah sebuah permainan (games) yang dimainkan di dalam suatu jaringan (baik LAN maupun internet).
                Dari pengertian-pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa game online adalah permainan video yang dibuat manusia untuk memenuhi kebutuhan hiburan dan hanya bisa dimainkan jika media bermain (komputer, laptop, HP) terhubung dengan internet.

2.2          Pengertian Fokus Belajar
                Zaman sekarang banyak orang baik remaja maupun orang dewasa yang mudah kehilangan fokus/konsentrasi mereka dalam bekerja maupun belajar. Pengertian konsentrasi itu sendiri menurut Hornby dan Siswoyo (1993:69), konsentrasi adalah pemusatan atau pengerahan (perhatiannya ke pekerjaan atau aktivitasnya) (http://abudaud2010.blogspot.co.id/2010/11/pengertian-dan-ciri-ciri-konsentrasi.html?m=1). Sedangkan pengertian fokus menurut http://www.ariwahyono.com/2014/06/perbedaan-fokus-dan-konsentrasi.html?m=1, fokus adalah titik pusat pertemuan banyak garis cahaya dalam terminologi ilmu fisika. Dalam psikologi terapan, fokus adalah memusatkan perhatian kepada satu urusan. Jadi fokus adalah single priority.
                Fokus/konsentrasi biasanya dibutuhkan ketika belajar. Sedangkan menurut Tabrani dkk. (1989:8), definisi belajar dalam arti luas ialah proses perubahan tingkah laku yang dinyatakan dalam bentuk penguasaan, penggunaan, dan penilaian terhadap atau mengenai sikap dan nilai-nilai, pengetahuan dan kecakapan dasar yang terdapat dalam berbagai bidang studi atau, lebih luas lagi, dalam berbagai aspek kehidupan atau pengalaman yang terorganisasi.
                Dari pengertian-pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa fokus/konsentrasi belajar adalah pemusatan pikiran terhadap proses menerima/memproses informasi atau memahami suatu objek.

2.3          Dampak Game Online Secara Umum
                Semua yang ada/dilakukan di dunia ini memiliki dampak/pengaruh positif atau pun negatif bagi makhluk hidup, salah satunya manusia. Game online adalah salah satu hal di dunia yang memberi dampak positif dan negatif. Ketika kita bermain game online, secara tanpa sadar atau pun sadar kita telah menambah teman, baik dari sekitar kita, atau bahkan yang berada di luar negeri. Game online juga bisa menjadi sumber penghasilan bagi para pembuatnya. Selain itu, game online juga dapat meningkatkan keterampilan kita, melatih otak kita untuk dapat berpikir dan membuat keputusan dengan cepat. Kita juga bisa sekaligus mengurangi stres dari aktivitas sehari-hari kita.
                Dampak ini juga sesuai dengan beberapa pernyataan ahli-ahli. Salah satunya, menurut Dr. Jo Bryce. Kepala peneliti suatu universitas di Inggris ini menemukan bahwa gamer sejati mempunyai daya konsentrasi tinggi yang memungkinkan mampu menyelesaikan beberapa tugas (http://dunia-remaja2015.blogspot.co.ic/2015/07/dampak-positif-dan-negatif-game-online.html?m=1). Selain itu, menurut beberapa professor di Loyola University, Chicago telah mengadakan penelitian dan menurut mereka game online dapat menumbuhkan interaksi yang menentang stereotif gamer yang terisolasi (http://dunia-remaja2015.blogspot.co.ic/2015/07/dampak-positif-dan-negatif-game-online.html?m=1). Para peneliti di Indiana University juga menjelaskan bahwa bermain game dapat mengendurkan ketegangan syaraf (http://dunia-remaja2015.blogspot.co.ic/2015/07/dampak-positif-dan-negatif-game-online.html?m=1).
                Akan tetapi, jika kita berlebihan bermain game online, kita akan sering lupa waktu, sampai lupa makan dalam sehari-hari sehingga kesehatan kita mulai menurun. Selain itu, bermain game online yang berlebihan juga mengurangi waktu belajar kita sehingga mempengaruhi prestasi belajar kita. Dan, meskipun bermain game online dapat menambah teman kita, dalam kehidupan nyata kita akan sering mengurung diri sehingga kurang bersosialisasi.
                Pernyataan-pernyataan di atas juga sesuai dengan pernyataan dari https://keluarga.com/1403/dampak-negatif-game-online-ditinjau-dari-beberapa-segi/, bahwa jika kita bermain game online tidak sesuai porsinya, kesehatan kita akan menurun, prestasi belajar kita akan terpengaruh, dan kita akan kesulitan bersosialisasi dengan orang lain.
                Dampak Game Online Terhadap Fokus Belajar Siswa
                Game online adalah teknologi manusia yang selalu mengikuti perkembangan zaman atau pun perkembangan teknologi. Semakin berkembangnya teknologi untuk game online, seperti visual atau fitur-fiturnya, game online akan semakin diminati. Akan tetapi, perkembangannya akan memberi dampak positif mau pun negatif pada para gamers/pemain, terlebih lagi pada fokus belajar siswa.
                Dampak positif game online terhadap fokus belajar siswa yaitu, meningkatkan konsentrasi/fokus. Hal itu disebabkan oleh peningkatan level/tingkatan dalam game online yang semakin sulit yang tentu saja membutuhkan konsentrasi/fokus yang semakin tinggi. Selain meningkatkan konsentrasi/fokus, game online juga dapat membantu menghilangkan/mengurangi stres dan meningkatkan kinerja otak yang juga secara tidak disadari dapat meningkatkan fokus. Menurut sumber https://www.slideshare.net/mobile/riptoatmaja/pengaruh-game-online-terhadap-pelajar/, selain menambah konsentrasi, menghilangkan stres, dan meningkatkan kinerja otak, game online juga dapat membuat pemain (pelajar) lebih pintar. Hal itu karena fokus belajar yang cukup tinggi.
                Meskipun begitu, game online juga memiliki dampak negatif, seperti kecanduan yang berlebihan, yang dapat membuat pemain (pelajar) lebih {sering} mengingat game onlinenya sehingga tidak fokus pada kegiatannya (sebagai pelajar). Selain itu, kecanduan game online juga menyebabkan pemain (pelajar) tidak fokus terhadap kegiatan belajarnya karena pemain cenderung merasa {sangat} ingin bermain game online secepatnya. Pernyataan itu sesuai dengan pernyataan dari http://ber5aja.blogspot.co.id/2013/11/dampak-game-online-terhadap-kaum-remaja.html?m=1 dan http://rikakhairana.blogspot.co.id/2017/01/pengaruh-game-online-terhadap_44.html?m=1.


Tugas Mulok, bab 2 dalam pembuatan laporan penelitian 'Dampak Game Online terhadap Fokus Belajar Siswa'.
Semoga dapat membantu teman-teman.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Identifikasi Cerita Rakyat Toraja 'Massudi Lalong-Dodeng-Lebonna'

Tugas Cerita Rakyat Judul Cerita Rakyat   : Massudi Lalong-Dodeng-Lebonna 1.       Siapa saja dan sifatnya bagaimana? Jawab: -           Lebonna: - Mudah percaya dan dibodohi (Bukti: “Mendengar kabar tentang kematian sang kekasih,Lebonna sangat terkejut dan tidak sanggup menerima kabar tersebut. Bahkan ia sampai mengurung diri dan tak mau makan selama beberapa hari.”) - Setia (Bukti: “Lebonna tak bergeming sedikitpun untuk dibujuk ataupun dirayu karena cintanya memang hanya untuk Paerengan.”) -           Anak buah Paerengan: - Licik (Bukti: “Namun, saat terjadi pertempuran, salah seorang anak buah Paerengan diam-diam lari dari medan pertempuran, dengan maksud merebut Lebonna dengan menyampaikan kabar bohong mengenai kematian Paerengan, kepada Lebonna dengan berpura-pura sedih.”) -           Massud...

Jamur, Fungi (Zygomycota dan Basidiomycota)

Jamur Secara Umum Kita semua pasti sudah tidak merasa asing lagi ketika mendengar kata jamur. Jamur atau fungi adalah sejenis tumbuhan yang hidup di tempat   lembab dan berair yang tidak memiliki daun dan berbuah serta organisme eukariot dengan dinding sel yang tersusun dari kitin. Jamur merupakan kingdom fungi. Jamur terdiri dari jamur uniseluler yang berukuran mikroskopis dan multiseluler yang berukuran makroskopis dan mikroskopis. Jamur memiliki beberapa bentuk yaitu ada yang seperti mangkuk, payung, setengah lingkaran, kuping, dan bulat. Jamur terdiri dari hifa, septa, miselium, haustorium, dan miselium generatif. Hifa pada jamur ada yang bercabang membentuk miselium dan hifa yang tanpa septa disebut hifa senostik. B ersifat heterotrof yaitu menggunakan materi organik dari sisa-sisa organisme mati dan bahan tidak hidup (saprofit), dari   organisme hidup lain menyebabkan penyakit dan merugikan inang (parasit), dan hidup saling menguntungkan dengan organisme inangn...

Roman Civiization

Peradaban Roma Ini adalah tugas dari mata pelajaran English yang di- join dengan Sejarah . Roman Civilization   Arts and humanities Roman cultures are much influenced by the culture of Hellenism.                 The Romans had considerable expertise in the field of the art building. Some of their works are the Coliseum and Amphitheater; Pantheon; Viaduct and Aqua duct; and Limes (series of fort).                 The Romans are the result of marriage between native inhabitants and nomadic tribe. Nomadic tribes come from the north and around the Carpians Sea.                 There are two groups in Roman society, the society of free and slave. Slaves are the ones who are often oppressed and have no rights at all.   Languag...